Madu dan yoghurt terbukti dapat mempercantik dan menyehatkan kulit. Mudah didapat, dan bebas efek samping.

YOGHURT

A. PEMBERSIH

Ambil dua sendok teh yoghurt, oleskan langsung ke wajah dan leher. Diamkan 30 menit, bilas dengan air suam-suam kuku.

B. PENYEGAR

Campur jadi satu: ½ cangkir atau 3-4 sendok makan yoghurt, 1,5 sdm madu, 1 buah pisang yang telah dihancurkan. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 15 menit, bilas dengan air bersih.

C. MASKER

Blender campuran 1 buah alpukat dan 1 sdt yoghurt. Oleskan ke wajah dan leher, diamkan 30 menit, bilas hingga bersih. Ambil es, bungkus dengan handuk kecil, gosok perlahan-lahan ke wajah. Kulit wajah akan segar dan bersih.

D. CEGAH PENUAAN DINI

Campurkan 1 kuning telur, 1 sdm yoghurt, 1 sdm madu, dan ½ sdt minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan 20 menit, lantas bilas dengan air hangat sampai bersih.

TIPS

1. Pilih yoghurt plain
2. Gunakan yang rendah atau tanpa lemak.
3. Cari yang tak mengandung pewarna, pengawet, penambah rasa, atau bahan tambahan lain.
4. Bukan yoghurt yang telah dibekukan.

MADU
MANFAAT
1. Melembutkan dan memberi nutrisi pada kulit. Cocok untuk pelembap atau masker wajah.
2. Madu menjadi sumber energi dan dicerna untuk memulihkan kelelahan agar tubuh fit dan segar.
3. Mengurangi nyeri pada tenggorokan atau luka.
4. Ampuh untuk menyembuhkan jerawat atau infeksi pada kulit.

A. PEMBERSIH

Campur 1 sdt tepung gandum, 1 sdm madu, 1 sdt air mawar, dan 4 tetes minyak zaitun, aduk rata, lalu oleskan pada wajah dan leher. Diamkan 15 menit, bilas dengan air hangat.

B. MASKER PENYEGAR

Kupas 1 buah apel, potong-potong, tambahkan 1 sdm madu, air ½ cangkir, blender sampai halus. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 20 menit, bilas dengan air dingin. Lanjutkan dengan mengompres wajah dengan es batu yang dibungkus handuk, tekan-tekan ke wajah.

C. MASKER PELEMBAB

Campur 2,5 sdm madu dengan 2,5 sdt tepung susu, oleskan ke wajah dan leher. Diamkan 15 menit, bilas dengan air hangat.

D. PELEMBAB BIBIR

Menjelang tidur malam oleskan madu pada bibir yang pecah-pecah.

E. PENYEGAR

Campurkan 1 sdt air jeruk nipis, 1 sdt madu, 2 putih telur. Oleskan pada wajah, diamkan 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, keringkan dengan handuk lembut. Cocok untuk kulit normal cenderung berminyak.

TIPS

1. Celupkan sebatang korek api pada madu, lantas nyalakan. Jika menyala berarti madu tersebut murni.
2. Madu yang baik berwarna pekat, antara cokelat tua sampai kehitaman.
3. Tidak ada campuran dengan jenis madu lain.
4. Tidak dikerubuti semut.
5. Tidak mengandung campuran gula pasir atau pemanis buatan.

Deteksi Keputihan

1. Cairan keputihan yang normal
- Berwarna putih jernih
- Bila menempel pada pakaian dalam berwarna kuning terang
- Konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon
- Tidak berbau
- Tidak menimbulkan keluhan
2. Cairan keputihan yang tidak normal:
- Gatal pada organ intim perempuan
- Rasa terbakar
- Kemerahan
- Nyeri selama berhubungan intim
- Nyeri saat berkemih
- Keluarnya cairan dari organ intim perempuan

Penyebab Keputihan

1. Infeksi:
- Bakteri (chlamydia,N.Gonorrhoeae, bakteri vaginosis, dll)
- Jamur (candida spp)
- Parasit (trichomonas vaginalis)
2. Bukan infeksi:
- Polip Serviks
- Gangguan keseimbangan flora vagina akibat pemakaian antiseptik
(douche vagina) secara terus-menerus
- Alergi (spermisida, kondom dan tisu KB)
- Iritasi (dyspareunia, menopause)

Cegah Keputihan
  1. Jaga kebersihan organ genital. Bisa menggunakan cairan antiseptik, akan tetapi jangan berlebihan karena akan mengganggu keseimbangan Ph
  2. Jangan berganti-ganti pasangan seksual untuk menghindari faktor risiko infeksi
  3. Bagi yang sudah melakukan hubungan seksual, lakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur
  4. Hindari pakaian dalam yang ketat atau bahan yang tidak menyerap keringat. Sebaiknya gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun dan biasakan ganti setiap hari
  5. Jika keputihan yang keluar sudah termasuk berat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memeriksa kuman apa yang menginfeksi vagina. Dokter akan memberikan resep antibiotika atau antijamur yang sesuai.

Mitos yang Salah

Kebiasaan makan sering kali dikaitkan dengan kondisi tubuh yang tidak normal, seperti keputihan. Lalu muncullah mitos-mitos dalam masyarakat. Salah satunya adalah mitos bahwa nanas dan timun memicu keluarnya keputihan pada wanita secara berlebih. Padahal, kedua jenis buah/sayuran itu merupakan sumber vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.
”Masih banyak orang Indonesia yang menganggap bahwa nanas bisa menimbulkan keputihan. Padahal di luar negeri, justru nanas ini menjadi buah yang digemari wanita hamil karena merupakan sumber vitamin C yang lebih bagus dari buah peach dan pir,” ujar dokter Dwiana Ocviyanti, spesialis obstetri dan ginekolog. Tidak hanya nanas dan timun yang dituding sebagai penyebab keputihan tetapi juga terong dan pisang. ”Memang ada orang yang alergi terhadap buah, tetapi itu persentasenya kecil sekali karena buah sama sekali tidak membuat alergi atau menimbulkan keputihan,” tandas Dwiana.
Penyebab munculnya keputihan berlebih pada wanita adalah gula yang tidak diantisipasi. Wanita senang mengonsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, kue tar, juga kue kering. Makanan yang mengandung gula tinggi akan melemahkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh rendah, jamur bisa merajalela.

Keluhan utama perempuan berjilbab adalah kondisi kulit kepala yang lembap. Akibatnya, rambut jadi rentan terserang ketombe dan kerontokan. Lakukan perawatan agar rambut berjilbab Anda tetap sehat.

MASALAH
* Lepek dan Berminyak
Saat berkeringat, air peluh dan minyak akan cenderung “mengumpul” karena rambut tertutup jilbab dan tak terkena udara bebas. Akibatnya, rambut cepat lepek dan berminyak.

Perawatan :
Gunakan sampo lembut (mild) yang aman dipakai setiap hari dan berfungsi menambah volume rambut. Setelah keramas, bilas dengan air suam-suam kuku. Setelah keramas, jangan langsung menyisir rambut. Keringkan dengan handuk dan tunggu 15 menit, baru sisir rambut.

* Ketombe
Kondisi rambut yang lembab dapat menjadi “sarang” ketombe, baik ketombe kering maupun basah. Akibatnya, kulit kepala gatal-gatal bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Perawatan :
Jika ketombe tergolong ringan, gunakan sampo lembut mild dan air hangat untuk keramas. Saat keramas, cuci rambut hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa-sisa sampo di rambut. Sisa-sisa sampo bisa memicu munculnya ketombe. Jika kondisi ketombe berat, segera konsultasi ke dermatologis atau dokter kulit.

*Rontok
Rambut yang tertutup jilbab cenderung lembap sehingga menyuburkan ketombe penyebab kerontokan rambut.

Perawatan :
Gunakan sisir bergigi jarang dan sisir rambut dengan hati-hati. Untuk sementara waktu hindari pengecatan rambut, pijat kepala, pemakaian roller, dan pengering rambut karena akan memperburuk kondisi rambut.

Perlakukan rambut dan kulit kepala dengan lembut. Jika kerontokan rambut masih ringan, bisa menggunakan hair tonic. Kalau termasuk berat, segera konsultasi ke dokter kulit.

TIPS:
- Kenakan dalaman jilbab yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau kaus.

- Setelah beraktivitas, di rumah segera buka jilbab dan angin-anginkan rambut.

- Setelah keramas, keringkan rambut hingga kering betul, baru memakai jilbab. Hindari memakai jilbab dalam keadaan rambut masih basah, karena selain lembap, juga menimbulkan aroma tak sedap.

- Jika ingin berkreasi dengan kerudung berlapis-lapis, sebaiknya tidak lebih dari empat helai karena semakin tebal kerudung, makin sulit rambut “bernafas”.

- Jika hendak menggunakan jilbab, lebih baik mengurai rambut Anda. Jika rambut Anda panjang, sebaiknya tidak mengikatnya terlalu kencang.

- Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas Anda lebih banyak di bawah sinar matahari, lebih baik pilih warna lembut atau putih.

Sumber : Nova

Pemakaian sepatu berhak tinggi yang terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko radang pada ibu jari, kerusakan tulang telapak kaki, dan meningkatkan risiko jari yang melengkung. Hak yang terlalu tinggi juga membuat kaki merosot ke bagian depan sepatu karena beban tubuh tertumpu pada jari-jari kaki. Bila sepatu Anda model tertutup, jari-jari tentu akan sakit mengenai dinding sepatu.

Beberapa bagian dari tubuh Anda yang juga akan terserang:

Lutut
Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari osteoarthritis di antara wanita. Menurut sebuah studi, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26 persen ketika wanita mengenakan high heels.

Postur
High heels mendorong pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul dan tulang belakang tidak lagi sejajar. Dari samping, tubuh akan terlihat melengkung.

Tekanan
High heels mungkin saja membuat kaki tampak lebih jenjang. Namun, semakin tinggi hak sepatu Anda, semakin tinggi pula tekanan pada kaki bagian depan (pada jari-jari). Saat Anda mengenakan sepatu berhak 2,5 cm, tekanan akan bertambah 22 persen, sedangkan sepatu berhak 7,5 cm akan menambah tekanan sebanyak 76 persen.

Betis
Otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek dan tegang.

Tumor jinak
Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari.

Achilles tendon
Ketika bagian depan kaki bergerak ke bawah sesuai arah haknya, urat keting akan menegang. Semakin tinggi haknya, semakin pendek uratnya, menciptakan sakit pada tumit.

Sekarang anda tahu kan bahaya memakai high heels. Jadi lebih baik kita tidak sering sering memakai high heels. Daripada resiko mendatang sangat berbahaya ?! 

  • Hindari pergi sendirian ke tempat asing, yang kamu belum pernah ke sana. Apalagi jika tidak ada keperluan penting, tapi jika memang urgen bawa teman atau mahrom kamu.
  • Hindari keluar malam atau pulang terlalu malam sendirian. Kalau bisa selesaikan urusanmu sebelum malam tiba.
  • Teliti memilih kendaraan umum dan waspada. Jika ada yang mencurigakan segera turun atau teriak minta tolong (jurus terakhir tuh….)
  • Jangan pakai perhiasan atau barang berharga lain yang mencolok (ga jamannya lagi buat sombong bin takabbur sobat… )
  • Banyaklah berdzikir. Ingatlah bahwa Allah SWT yang selalu menjaga kita dimanapun kita berada. Jangan dipakai nglamun di kendaraan, apalagi sekarang banyak penjahat pakai hipnotis. 

TIPS   BERGAUL   AMAN   AND   SYAR’I
  • Jangan mudah tergoda. Rayuan seringkali bikin kita meleleh. Nggak usah ngikutin kebiasaan teman yang buruk.
  • Pikirkan akibatnya. Ini penting, kamu harus bisa mengenal bahayanya gaul bebas. Rugi dunia juga rugi akhirat. Lagian kalo sampai “begituan” kan dosa.
  • Jaga jarak dengan lawan jenis sebelum segalanya kebablasan.
  • Nggak usah terlalu risau dengan perasaan orang lain. Kalau kamu nggak nyaman dengan perbuatan teman kamu yang melanggar batas agama, katakan “tidak” dengan jelas dan tegas.
  • Lebih banyak bergaul dengan mereka yang ngerti ajaran agama. Jangan sering gaul dengan yang miskin ilmu agamanya, entar kebawa amburadul tanpa sadar. 
Jadi sekarang kita sebagai cewek harus bisa jaga diri. Apalagi di abad ini yang hampir segalanya dianggap haram. Kita sendiri yang bisa membatasi mana yang salah dan mana yang benar. Ok Girls !

Kita hidup didunia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai mahluk sosial kita pasti akan memerlukan akan memerlukan bantuan orang lain,minimal untuk ngobrol, curhat atau sharing ide. Pastinya kita ingin memiliki sosok sahabat sejati. Sahabat yang baik dan bukanya kebanyakan sahabat seperti kebanyakan ini (sahabat penghianat). Dari pengalaman memiliki sahabat sahabat pengkhianat, akhirnya menemukan sesosok saabat sejati . Gini deh ciri cirinya :
  • Kalau kamu berbuat baik sama dia. dia bakalan ngelindungi kamu .
  • Kalau kamu merapatkan ikatan persahabatan dengan dia, dia akan membalas balik persahabatanmu itu.
  • Kalau kamu menawarkan berbuat baik kepada dia, dia akan menyambutnya dengan baik.
  • Kalau dia memperoleh suatu kebaikan atau bantuan dari kamu, dia akan menghargai kebaikan itu .
  • Kalau dia ngeliat sesuatu yang gak baik di diri kamu, dia akan menutupinya .
  • Kalau kamu minta bantuan dia, dia bakalan bantu kamu denan sungguh-sungguh.
  • Kalau kamu lagi berdiam diri, dia bakalan menanyakan kesulitan yang kamu hadapi.
  • Kalau kamu lagi kesusahan. dia pasti bakalan ngelakuin sesuatu untuk meringankan kesusahanmu.
  • Kalau kamu lagi merencanakan kebaikan, dia pasti akan membantu rencanamu dengan senang hati.
  • Kalau kamu berdua lagi berbeda pendapat atau berselisih paham, dia akan lebih senang mengalah untuk menjaga kepentingan persahabatan kalian.
Jadi, gimana sahabat kamu ? sahabat kamu termasuk sahabat sejati apa pengkhianat sejati ?. Cuma kamu yang tau dan yang bisa merasakan. Tapi kamu juga jangan pernah ngecewain sahabat kamu (Pamali !)
Met having fun ma Sahabat Sejatimu .

About this blog

blog ini aku buat untuk semua remaja .
khususnya cewek .
buat semua cewek yang membutuhkan inspirasi .

Time

Visitor .

Loading...

My Facebook

Profil Facebook Anisa Sofhia

My Profile

Foto Saya
Batu, Jawa timur, Indonesia
Hanya seorang yang berasalkan dari sebuah kota kecil di Indonesia . Seorang yang hanya ingin memberi inspirasi untuk setiap remaja yang membutuhkannya .